Kesadaran Diri dan Disiplin Prokes Dibutuhkan untuk Minimalisir Penyebaran Covid-19

Kesadaran Diri dan Disiplin Prokes Dibutuhkan untuk Minimalisir Penyebaran Covid-19

topmetro.news – Pandemi Covid- 19 sampai saat ini berangsur-angsur mampu dikendalikan pemerintah. Khususnya di Kota Medan. Berbagai upaya terus dilakukan Pemko Medan untuk mengatasi penyebaran Covid-19. Seperti terus melakukan sosialisasi protokol kesehatan, dan percepatan vaksinasi terhadap warga Kota Medan.

Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kota Medan, Bobby Oktavianus Zulkarnain mengapreasiasi langkah dan kinerja Walikota Medan, Bobby A Nasution dalam menekan angka penyebaran Covid-19 di Kota Medan.

“Dari sejumlah Kabupaten/Kota di Sumatera Utara, Walikota Medan, Bobby A Nasution berhasil mengendalikan penyebaran pandemi Covid-19 di Kota Medan. Begitu juga untuk pelaksanaan vaksinasi guna membentuk kekebalan kelompok (herd immunity), Kota Medan sudah berhasil mencapai di angka 76,6% dari jumlah penduduk Kota Medan hingga November 2021 kemarin,” kata Bobby kepada topmetro.news, Jumat (17/12/2021) siang.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Harian DPC Pemuda Karya Nasional (PKN) Kota Medan itu juga mengimbau masyarakat untuk dapat mematuhi dan disiplin dalam penerapan protokol kesehatan (prokes) dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, ia mengaku tanpa adanya kesadaran dari masyarakat untuk mematuhi prokes, upaya pemerintah dalam meminimalisir penyebaran Covid-19 bisa menjadi sia-sia.

“Jadi perlu kolaborasi dari seluruh pihak, baik pemerintah, kelompok masyarakat dan masyarakat itu sendiri untuk mematuhi protokol kesehatan. Kita tidak boleh mengabaikan prokes dalam kehidupan sehari-hari. Seperti tetap menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,” paparnya.

Tingkatkan Prokes

Apalagi, kata Ketua Kodrat Kota Medan itu, kesadaran masyarakat untuk mematuhi prokes juga perlu meningkat menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2022 mendatang. “Kita tidak perlu terlalu euphoria merayakan libur Natal dan Tahun Baru. Ayo sama-sama menjadi ‘polisi’ bagi diri kita sendiri,” imbuhnya.

Ia berharap, hingga akhir tahun mendatang tidak ada lagi peningkatan kasus Covid-19 khususnya di Kota Medan. “Kami mengapresiasi keberhasilan Pak Walikota dalam mengendalikan krisis akibat pandemi Covid-19. Arah ekonomi Kota Medan yang lebih baik insyallah sudah mulai terlihat,” tambahnya.

Bobby juga mengapresiasi meningkatkannya kegiatan vaksinasi oleh kelompok masyarakat dan pihak swasta di Kota Medan untuk menekan penyebaran Covid-19.

“Walaupun sudah divaksin, kita tidak boleh kendor dalam menerapkan prokes. Anjuran pemerintah untuk 5M harus tetap kita laksanakan. Apalagi, vaksin yang telah disuntik kepada masyarakat butuh waktu untuk berproses di dalam tubuh kita,” bebernya.

Sementara terkait temuan kasus virus corona (Covid-19) varian omicron perdana di Indonesia, ia juga mendukung langkah Pemko Medan yang menutup aktifitas kuliner di Kesawan City Walk (KCW) dan wisata kuliner di Kantor Balaikota Medan, menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Dia juga berharap, langkah Walikota Medan, Bobby A Nasution itu mampu meminimalisir potensi meningkatnya angka Covid-19 jelang Nataru. Apalagi varian Omicron sudah terdeteksi masuk Indonesia.

 

Reporter : Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment